Monday, November 12, 2018

Sebelum Mengolah Kerang Dara Kenali Dulu Jenis Kerang Dara

     
Bunda tentunya sudah tahu dengan jenis kerang yang satu ini, Kerang yang hidup di Teluk Pasifik dan tinggal di bebatuan  ini sering juga disebut dengan kerang dara. Merupakan kerang paling mudah didapatkan di pasaran jika anda ingin membelinya. Dagingnya yang berwarna oranye dan abu berlindung di sebuah cangkang berwarna putih kecoklatan dan bergaris-garis.


        Untuk penderita darah rendah, kerang ini sangat cocok dikonsumsi karena banyak mengandung zat besi yang berfungsi  membentuk kembali sel-sel darah merah yang hilang. Kandungan zat besinya juga terasa di dalam cita rasanya yang khas, namun tetap gurih di lidah.
Mengolahnya pun sangat mudah. Cukup direbus dan sajikan terpisah dengan saus kacang atau saus cabai, kerang dara pun siap disantap.  Jika ingin rasa yang lebih menantang, kerang dara dapat ditumis dengan irisan cabai yang banyak dan bumbu seperti  jahe, lengkuas, salam, serai, dan bawang putih, untuk menambah aroma tumisan kerang ini.kerang dara ternyata memiliki berbagai macam jenis loh bunda, berikut ini jenis kerang darah yang ada di pasaran:

1. Kerang Dara Gundul 



jenis Kerang dara yang satu ini mempunyai nama yang unik Gundul karena bagian menonjol di pantat kerang berwana putih dan licin. Kerang Gundul Merupakan kerang paling mudah didapatkan di pasaran jika anda ingin membelinya. Dagingnya yang berwarna kuning pucat dan abu berlindung di sebuah cangkang berwarna putih kecoklatan dan bergaris-garis tipis.


2. Kerang Dara Kikir


Dari segi bentuk kerang kikir tak jauh berbeda dengan kerang gundul, perbedaan yang menonjol tedapat pada warna yang sedikit lebih coklat gelap dengan tektur yang kasar dan bergaris kasar pada cangkangya, daging kerang kikir berwana orange serta cokat pada bagian pantat, dan memiliki rasa yang lebih gurih dan tekstur yang kenyal pada dagingnya dibandingkan dengan kerang gundul.
Kerang kikir sering dihidangkan di rumah makan atau seafood karena baunya yang tidak terlalu amis dan daya tahan hidupnya yang kuat, kerang kikir bisa bertahan hingga 48 jam tanpa air.

3. Kerang Dara Bulu (Jembrong) 


Hasil gambar untuk kerang bulu
Kerang jembrong memiliki ukuran yang lebih besar dan pada bagian cangkang ditumbuhi bulu halus berwarna hitam, serta cangkang yang lebih tipis. untuk dagingnya sendiri kerang jembrong memiliki daging yang kenyal dan kurang gurih sedikit hambar dibandingkan dengan kerang gundul dan kerang kikir.


4. Kerang Dara Miring

Kerang darah yang satu ini unik karena bentuk cangkang yang miring dibanding kerang dara yang lainya, kerang dara miring memiliki tekstur daging yang kurang gurih dan ukuran daging yang kecil  sehingga jaeang peminatnya 

No comments:

Post a Comment