Tuesday, November 13, 2018

Resep Pisang Nugget Krispy

Dari berbagai macam jenis olahan pisang, tentunya Bunda sudah tidak asing dengan olahan pisang nugget yang kekinian. Rasanya yang gurih berbalut tepung krispy dari luar dan manisnya pisang matang dari dalam. Jenis pisang yang sering digunakan untuk olahan pisang nugget adalah jenis pisang kepok
foto:http://www.itjeher.com/kuliner/7792/banana-nugget-pisang-goreng-gaya-baru/
Bunda tahu gak sih ,Gizi  dalam setiap 118 gram buah pisang kepok mengandung:
·         105,2 gram kalori
·         21,5 gram vitamin B6
·         Vitamin C sebesar 17.1
·         Zat mangan sebesar 16
·          Serat sebanyak 12,3
·          12,1 kalium.
Selain Rasa pisang yang legit dan kandungan gizi yang terdapat dalam pisang kapok, pisang kepok juga memiliki berbagai manfaat, manfaat pisang kepok adalah untuk megatasi berbagai jenis gangguan kesehatan  antara lain :

  1. Melancarkan pencernaan
Kandungan serat di dalam manfaat pisang kepok cukup tinggi sehingga sangat baik untuk mengatasi gangguan kesehatan terutama pada organ pencernaan. Serat akan membuat makanan dalam lambung menjadi seperti gel sehingga lebih mudah dicerna dan diserap vitamin dan gizinya oleh tubuh. selain itu hasil feses yang dihasilkan juga akan lebih lunak namun tidak terlalu encer sehingga sangat baik bagi anda yang memiliki masalah pencernaan.
  1. Mencegah sembelit
Dalam buah pisang kepok mengandung zat pectin dimana zat ini juga sangat baik untuk kesehatan. Bagi anda yang saat ini sedang melakukan program penurunan berat badan.
  1. Mengatasi maag
Bagi anda yang saat ini sedang mengalami gangguan pada lambung karena maag juga sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah pisang kepok. Buah pisang kepok ini mengandung efek antacid sehingga bisa menetralkan kadar produksi asam lambung berlebihan. Selain itu buah pisang kepok ini sangatlah baik untuk lambung karena mudah dicerna. Buah pisang kepok dapat anda konsumsi dengan berbagai cara sesuai dengan selera anda masing-masing.
  1. Sebagai sumber potasium
Pisang merupakan sumber makanan yang mengandung zat potassium terbesar dari pada sumber makanan lainnya. jadi bagi anda yang mengalami gejala kekurangan potassium sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah pisang ini ya. potassium merupakan zat yang penting bagi tubuh dan  harus selalu terpenuhi kebutuhannya.
  1. Mengatasi stress
Stress, depresi, kecemasan berlebih dapat mengurangi kadar potassium dalam tubuh. jika ini terjadi maka pikiran anda akan terpecah dan tidak bisa konsentrasi. Jika anda saat ini sedang mengalami kepenatan karena masalah pekerjaan, hubungan dengan pasangan dan masalah lainnya, cobalah untuk segera mengonsumsi pisang karena dengan itu rasa stress dan depresi yang anda rasakan akan dapat dihilangkan dengan mudah.
Hasil gambar untuk pisang nugget
https://resepkoki.id/resep-pisang-nugget/

Bahan- Bahan :
  • 4 buah pisang, kepok lumatkan
  • 100 gram tepung terigu
  • 15 gram gula pasir (agar manis) 
  • 2 butir telur
  • 30 gram susuk bubuk (atau 3 sendok makan susu kental manis)
  • 100 cc air (jika menggunakan blender)

Pelapis Adonan :
  • 2 butir telur
  • tepung terigu secukupnya
  • tepung panko secukupnya
Cara membuat :
  1. Campur semua bahan, lalu blender hingga menjadi adonan.
  2. Kukus atau oven adonan hingga matang selama 15-20 menit.
  3. Angkat dan dinginkan, lalu potong adonan sesuai selera.
  4. Baluri adonan dengan tepung terigu, telur, dan tepung panko
  5. Panaskan minyak, goreng hingga matang kecokelatan.
  6. Goreng adonan hingga matang.
  7. Tambahkan topping di atasnya untuk rasa yang lebih nikmat.
Mudahkan bunda untuk membuat pisang nugget sendiri di rumah, selain bahan-bahan yang digunakan terjamin kualitasnya, bunda lebih mengirit pengeluaran dan tidak usah lama mengantri untuk membelinya.

No comments:

Post a Comment