Saturday, November 10, 2018

Saos Ini Wajib Ada Di Dapur Bunda

Selain Bumbu-Bumbu Rempah , tentunya Bunda juga harus mengenali kecap,saus yang sering dipakai. Berikut kecap dan Saus yang harus ada di dapur Bunda :
1.       Saus Tomat
Hasil gambar untuk saus tomat
Saus tomat atau saus tomat adalah saus yang dibuat dari buah tomat yang sudah masak ditambah gula, garam, cuka dan rempah-rempah seperti cengkeh dan kayu manis.
Masakan yang sering menggunakan saus tomat ini biasanya, Seafood olahan saos asam manis,saus bolognase dan biasa di nikmati sebagai cocolan
Gorengan atau ayam goreng.
2.       Saus Tiram. 
Hasil gambar untuk saus tiram
Saus Tiram Berwarna Hitam , Bentuknya kental, beraroma tiram, dibua dari kacang kedelai dan ekstrk tiram. saus tiram memiliki rasa asin yang cukup kuat sehingga masakan yang menggunakan saus tiram biasanya tidak perlu lagi dibubuhi garam atau kecap asin. Saus tiram biasanya digunakan sebagai perasa untuk tumis sayur-sayuran seperti, cah kangkung, cap cai.
3.       Saus Cabai

Hasil gambar untuk saus cabai
Saus Cabai adalah saus yang diperoleh deri pengolahan cabai (Capsicum annum) yang matang dan baik dengan tambahan bahan lain dan digunakan sebagai penyedap makanan, Biasanya sering digunakan untuk cocolan gorengan dan ayam goreng di berbagai Tempat makan.
4.       Kecap asin

Hasil gambar untuk kecap asin
Bentuknya encer, rasanya asin warnanya tidak sepekat kecap manis,  Kecap asin merupakan hasil fermentasi bahan nabati atau hewani berprotein tinggi di dalam larutan garam. Kecap berwarna coklat tua, berbau khas, rasa asin dan dapat mempersedap rasa masakan.
5.       Kecap Ikan
Gambar terkait
Bentuk kecap ikan ini encer, rasanya asin dengan aroma ikan, warnanya agak pucat
Kecap asin ini dibuat dari kedelai, dan saripati ikan anchovy.
6.       Kecap jamur
Hasil gambar untuk kecap jamur
Di buat dari kacang kedelai, garam, gula, tepung terigu, dan ekstrak jamur, biasanya sering digunakan pada masakan cina dan untuk vegetarian.
7.       Kecap Inggris
Hasil gambar untuk kecap inggris
Dibuat dari gula aren, cuka, garam , molasses dan rempah-rempah, kecap ini biasa digunakan Biasanya kecap inggris digunakan untuk bumbu rendaman daging atau juga bumbu pada masakan chinese food seperti ayam goreng mentega, burung dara saus mentega, bistik, sapi lada hitam dan lainnya.
8.       Angciu.
Hasil gambar untuk angciu
Angciu adalah arak merah yang biasa digunakan untuk mengolah seafood pada hidangan kuliner China. Hidangan yang ditumis juga seringkali ditambah dengan angciu. Contoh hidangan itu antara lain tumis kepiting, sup ikan, tumis kangkung, baby kaylan, cah taoge ikan asin, bahkan capcay.
 Sumber :
-http://jateng.tribunnews.com/2018/05/25/yuk-cari-tahu-ini-beda-kecap-inggris-dan-kecap-asin-serta-gunanya-pada-masakan.
-https://www.vemale.com/tips-dapur/7163-bahan-pengganti-angciu.html
-Tabloid Sedap khusus pemula edisi 104/XIX/2018-

1 comment: